Monday, August 13, 2012

Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com [Bagian 7]


Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com - Selain masalah kredibilitas, pelayanan yang cepat dan juga customer service menjadi hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam bisnis e-commerce. Karena calon pembeli sering mengajukan pertanyaan yang mendetail tentang barang yang ingin mereka beli. Saqina.com yang memiliki 20 karyawan, menempatkan 4 orang karyawannya sebagai customer service. Sisanya bertugas di bagian pengadaan barang, kontrol kualitas, foto produk, pengodean, pemberian harga dan juga label, update situs web, inventoring, dan tentu saja administrasi.

Untuk urusan pengiriman barang, Saqina.com tidak memiliki jasa kurir sendiri. Mereka mempercayakannya pada jasa pengiriman barang nasional.

Menurut Rosihan, kebanyakan pelaku bisnis e-commerce adalah mereka yang memiliki latar belakang teknologi informasi. Kebanyakan dari mereka, seringkali masih terpaku pada paradigma TI, dan sangat terobsesi untuk membuat situs webnya menjadi sekeren mungkin, lengkap dengan sistem pembayaran yang sangat canggih.

Padahal, kata Rosihan, pelaku seharusnya fokus pada bisnis, mulai dari strategi pemasaran sampai dengan mengatur pasokan dan juga permintaan. "Saya menerapkan sistem tradisional untuk situs web. Sederhana dan simpel," kata Rosihan yang juga memiliki latar belakang TI. Namun, Rosihan sendiri tidak memberitahukan secara mendetail system ‘tradisional, sederhana dan simple’ yang ia maksudkan.

Sampai tahun 2010, Saqina.com masih menggunakan domain open source yang bayarannya hanya Rp 20.000 per bulan. Barulah pada 2011, Saqina.com sudah mulai menggunakan server sendiri. Tahun depan, …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment