Thursday, August 9, 2012

Festival Songket Pertama di Dunia


Festival Songket Pertama di Dunia - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengumumkan bahwa mereka akan menggelar sebuah festival yang mengankat kebuadayaan mereka. Festival tersebut adalah festival songket di Palembang pada tahun 2013 nanti. Festival kebudayaan ini diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan hasil tenun tradisional dari seluruh wilayah Indonesia.

Pergelaran tersebut adalah yang pertama kali dilaksanakan dan diharapkan nantinya pergelaran ini akan berjalan sukses dan menjadi pergelaran rutin tahunan. Begitulah penuturan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi kepada wartawan di Palembang, hari Selasa yang lalu.

Menurut dia, pagelaran itu juga diadakan untuk mempromosikan hasil usaha tenun tradisional Sumsel yang berbahan dasar benang sutra dan juga benang emas. Sementara peserta yang akan diundang dalam festival itu, menurut dia, adalah daerah penghasil songket dari seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan, peserta luar negeri juga akan diundang supaya lebih meriah karena festival tersebut juga untuk mempromosikan kerajinan songket dari masing masing daerah baik dalam maupun luar negeri, sehingga produk tersebut semakin dicintai oleh warga Negara Indonesia dan juga dunia.

Namun, yang lebih utama kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Sumsel. Jadi kegiatan tersebut khususnya diadakan untuk mempromosikan seni dan budaya Sumsel umumnya dan juga daerah asal peserta khususnya. Selain itu melalui kegiatan tersebut diahrapkan akan menarik minat masyarakat akan hasil kerajinan kain tenun songket.

No comments:

Post a Comment