Monday, August 13, 2012

Trend Positif Penjualan Busana Muslim di Aceh


Trend Positif Penjualan Busana Muslim di Aceh - Peningkatan penjualan dialami oleh para pedagang busana muslim selama bulan Ramadhan ini. Hal ini terjadi di seluruh Indonesia, termasuk di Banda Aceh dan Aceh Besar. Pedagang busana muslim di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar mengakui permintaan yang mereka terima mengalami peningkatan sejak dua pekan terakhir.

Bukhari, salah satu pedagang di Pasar Aceh mengatakan, "Sejak satu minggu sebelum bulan Ramadhan banyak warga yang membeli berbagai jenis busana muslim terutama kaum wanita."

Ia juga mengatakan bahwa mayoritas konsumen yang datang ke lapaknya bertujuan untuk membeli jilbab, mukenah, sarung, sajadah dan juga baju koko. Namun tidak sedikit juga kaum perempuan yang datang untuk membeli berbagai jenis baju lainnya.

Menurut dia, sudah menjadi tradisi setiap tahun jika permintaan busana muslim dan keperluan ibadah pada bulan Ramadan mengalami peningkatan, kondisi tersebut akan berlangsung hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Meski permintaan meningkat namun harga jual tidak mengalami kenaikan berarti. Seperti jilbab berbagai merek yang disediakannya, dijual dengan rentang harga antara Rp20 ribu hingga Rp150 ribu per potong, baju muslim pria dan juga wanita dijual mulai dengan harga Rp45 ribu hingga Rp750 ribu per potong serta mukenah yang dijual dengan harga antara Rp50.000 hingga Rp1 juta untuk setiap potongnya.

"Memang ada sedikit kenaikan dibandingkan hari biasa, sebab barang rata-rata merupakan barang kiriman dari medan dan ongkos kirim barang barang tersebut juga mengalami kenaikan," katanya.

Selain di pasar Aceh, sejumlah pedagang pakaian muslim di pasar Lambaro Kabupaten Aceh Besar mengakui omzet penjualan mereka telah mengalami trend meningkat sejak satu minggu menjelang bulan Ramadhan 1433 Hijriah.

Yuliana (45) pedagang pakaian di Pasar Kawasan Ulee Kareng mengatakan setelah datangnya bulan Ramadhan ia mampu menjual jilbab hingga mencapai angka, antara 60 hingga 100 potong per hari. Padahal, kalau di hari biasa ia hanya mampu menjual paling banyak hingga 50 sampai 70 potong.

No comments:

Post a Comment