Sunday, August 5, 2012

Pilgub DKI Jakarta Mendorong Sektor Industri Pakaian dan juga Percetakan


Pilgub DKI Jakarta Mendorong Sektor Industri Pakaian dan juga Percetakan - Penyelenggaraan Pemilihan gubernur atau Pilgub DKI Jakarta ternyata turut mendorong peningkatan produksi pada industri pakaian jadi dan juga percetakan di Jakarta dan sekitar nya.

Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di Jakarta pada triwulan ke II ini. Jika kita bandingkan dengan produksi manufaktur pada triwulan sebelumnya, maka di dapatkan angka peningkatan hingga mencapai 8,6 persen.

Peningkatan juga tercatat naik sebesar 3,52 persen, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelum nya.

Kepala Bidang Statistik Produksi DKI Jakarta Agus Wahyudi mengatakan, bahwa pertumbuhan tersebut di pengaruhi oleh tiga kelompok industri yang mengalami kenaikan terbesar. Yaitu kenaikan pada industri barang dari logam namun bukan termasuk dengan industri mesin dan peralatannya sebesar 15,79 persen, industri peralatan listrik 14,32 persen dan industri pakaian jadi sebanyak 14,03 persen.

Tidak hanya itu, untuk industri pakaian, mengalami peningkatan jauh lebih tinggi secara nasional mengalami per tumbuh an sampai menyentuh angka 6,13 persen. Sementara peningkatan pada industri percetakan dan reproduksi media rekaman juga tercatat naik sebesar 13,55 persen, bertolak belakang dengan pertumbuhan nasional yang malah mengalami penurunan sebanyak 8,40 persen.

Kuat dugaan bila peningkatan besar di dua kelompok industri tersebut disebabkan adanya Pilkada DKI yang dilaksanakan bulan Juni yang lalu. Mengingat, banyak sekali pesanan terkait baju kaus dan juga spanduk bagi masing masing calon gubernur DKI Jakarta.

No comments:

Post a Comment