Monday, August 13, 2012

Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com [Bagian 3]


Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com - Untuk urusan biaya beriklan memang tidak bisa disebut biaya yang murah. Karena itu, Rosihan memilih momentum dan juga media yang pas untuk mengiklankan Saqina.com. Selama bulan Ramadan 2009, ia menaruh iklan berukuran kecil di sebuah portal berita online, dan juga tentu saja di Google AdWords. Kata kunci yang diiklankan di Google adalah "baju muslim" dan juga "busana muslim". Ia juga diketahui rajin beriklan melalui media sosmed terpopuler di Indonesia, apa lagi jika bukan Facebook. Kala itu, Rosihan mengaku bahwa Facebook menaruh harga 50 dollar AS per harinya agar Iklan yang ia inginkan ditayangkan oleh Facebook.

Prediksi momentum dan media yang dipilih oleh Rosihan, ternyata terbilang merupakan pilihan yang sangat tepat. Trafik dan transaksi di Saqina.com meningkat cukup pesat saat itu. Namun, walaupun begitu, ia selalu mengukur efektivitas setiap iklan yang dipasang olehnya, bagaimana efeknya terhadap trafik dan juga tentu saja, terhadap terjadinya transaksi. Trafik memang merupakan factor yang paling penting dalam keberlangsungan bisnis e-commerce, namun selain trafik, juga harus ada transaksi yang berlangsung, agar modal yang telah dikeluarkan olehnya bisa diputar kembali. Hasil transaksi itu lalu digunakan oleh Rosihan untuk operasional dan diputar lagi untuk beriklan. Untungnya saja, biaya operasional toko online tidak sebesar biaya operasional yang dituntut oleh toko fisik.

"Jadi, jangan berpikir kami punya banyak uang untuk beriklan. …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment