Monday, August 13, 2012

Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com [Bagian 5]


Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com - Namun, tentu saja, untuk meningkatkan posisi Saqina.com dalam mesin pencari Google, Rosihan tak bisa sepenuhnya bergantung pada iklan. Karena modal yang ia miliki cukup terbatas, dan suatu saat akan habis. Sehingga kemudian, ia memutuskan untuk menjalani kursus optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Tanpa bantuan Iklan, pada Bulan Ramadan 2011, posisi Saqina.com masih berada di halaman 2 Google, ketika dicari dengan kata kunci "busana muslim" ataupun "baju muslim". Setelah Rosihan mendapatkan ilmu yang ia butuhkan, ia menjalankan sendiri strategi strategi SEO yang baru saja ia dapatkan. Sehingga, butuh waktu sekitar 4 bulan untuk menempatkan Saqina.com di halaman pertama mesin pencari Google. Dan tepatnya setelah 6 bulan memainkan SEO, atau lebih spesifiknya lagi di awal 2012, barulah Saqina.com berhasil menjadi juara di Google untuk kata kunci "busana muslim" dan "baju muslim" tanpa mengandalkan Iklan sama sekali.

Sejak 2011, Rosihan berhenti beriklan di media online. Ia lebih berfokus untuk memainkan SEO dan untuk mempertahankan Saqina.com di baris terdepan pencarian Google. Namun, untuk menunjukkan eksistensi Saqina di hadapan khlayak pecinbta busana muslim Indonesia, ia rutin beriklan di sebuah majalah muslim setiap dua bulan sekali.

Rosihan berpendapat, dalam bisnis e-commerce, harus ada sebuah hal sederhana yang bisa dipahami secara luas sebagai sesuatu yang bisa dipercaya. Setelah tergiur dengan harga murah …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment