Thursday, August 2, 2012

Berkah Ramadan Bagi Pedagang Alat Salat di Daeng [Bagian 1]


Berkah Ramadan Bagi Pedagang Alat Salat di Daeng - Bulan Ramadan akan selalu memberikan berkah tersendiri bagi umat muslim. Selain mendulang amal, berkah ramadan juga merambah pada panen rezeki. Salah satu unit usaha yang banyak digemari saat Ramadan tiba yakni berdagang perlengkapan ibadah. Di Kota Daeng, amat mudah menemukan para pedagang yang menjual perlengkapan ibadah ini. Baik pedagang musiman hingga pedagang non musiman atau pedagang tetap.

Salah satu dari para pedagang tersebut adalah Ilham Thamrin, 32. Baru sepekan Ramadan ini, Ilo demikian dia akrab disapa, menjual perlengkapan salat seperti baju koko, peci, mukena maupun sajadah. Ini merupakan pengalaman kali pertama Ilo seumur hidup dia. Di luar ramadan, Ilo adalah penjual jam tangan di atas KM Pelni.

Diakui Ilo, selama Ramadan dia tidak aktif berjualan jam tangan. Nah, daripada waktu terbuang sia-sia, dirinya memanfaatkan momentum ini dengan menjual perlengkapan ibadah. Karena masih baru, ilo hanya mengeluarkan modal sebesar Rp5 Juta saja. Itu pun untuk beli masing masing setengah kodi barang.

Harga jualannya variatif. Untuk peci, misalnya. Dia menjual Rp10 ribu-Rp40 ribu. Baju koko Rp40 ribu-Rp45 ribu. Sajadah Rp20 ribu-Rp25 ribu. Mukena Rp35 ribu-Rp40 ribu. Itu masing-masing untuk satu lembar. Barang dagangan ini Ilo beli di Pasar Butung. Terus dia jual lagi dengan untung sekitar sepuluh persen.

Dalam sehari, Ilo mampu meraup minimal Rp50 ribu hingga Rp500 ribu. [pk/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment