Friday, August 3, 2012

Busana Muslim Indonesia Sudah Setara dengan Busana Merk Dunia [Bagian 1]


Busana Muslim Indonesia Sudah Setara dengan Busana Merk Dunia - Produk pakaian buatan Indonesia tak kalah hebat dengan pakaian bermerek di dunia. Busana muslim Indonesia saat ini sudah merambah benua Asia hingga Eropa.

Namun Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah mengatakan, sistem eksportasi dan penjualan produk busana muslim saat ini belum tersusun dengan baik.

"Busana muslim sangat potensial. Kita masih prihatin karena baru merupakan bunga yang mekar, tapi belum ada sistem yang membangun itu sehingga pemerintah tidak tahu data yang pasti berapa angka ekspor produk ini," ungkap IKM di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (31/7/12).

Saat ini yang terjadi di lapangan, semua sistem eksportasi ataupun penjualan busana muslim di dalam negeri belum tercatat dengan baik dan masih sangat tradisional.

"Sistem usahanya juga belum benar. Ada pengusaha, desainer, perajin, dan penjahitnya. Ini malah dia-dia saja yang mengerjakan. Jadi seksi usahanya seperti apa, kalau ekspor juga masih sendiri-sendiri," tambahnya.

Padahal, Euis mengatakan, daya saing produk busana muslim 'made in Indonesia' di pasar Asia dan Eropa sudah baik. Negara pelanggan busana muslim dari Indonesia adalah Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina hingga merambah pasar Eropa yaitu Prancis, Turki, dan negara lainnya.

"Ekspor kita ke Malaysia, mereka bawa dengan pesawat AirAsia itu berapa banyak seminggu. Lalu Thailand, Filipina. Kalau Eropa itu Turki dan sudah banyak permintaan dari Prancis, tapi itu dia tidak tercatat," ujarnya.

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment