Tuesday, August 7, 2012

Sentra Alat Konveksi di Jakarta Barat [Bagian 3]


Sentra Alat Konveksi di Jakarta Barat - Dalam sebulan, kios Bintang Jaya bisa menjual ratusan mesin jahit, baik baru maupun bekas. Harganya juga variatif, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga Rp 4 juta. Tergantung dari jenis mesin jahitnya, apakah yang masih baru ataukah yang sudah bekas.

Toko ini juga menjual mesin obras dan mesin pasang kancing. Omzet salah satu kios di sana milik Lina Tzung juga bisa mencapai ratusan juta hingga Rp 1 miliar setiap bulannya. Adapun laba bersihnya sekitar 10% sampai 15% dari omzet tersebut. Salah satu pemain lain di sentra ini adalah Tan Paula, pemilik Toko Abun.

Paula yang sudah memulai bisnis alat konveksi sejak 1989 ini mengatakan bisa menjual puluhan mesin jahit setiap bulannya. Untuk mesin jahit baru, ia membanderol mulai Rp 2 juta per unit, tergantung mereknya. Dalam sebulan, Paula mengaku bisa mengantongi omzet sebesar Rp 100 juta dengan laba bersih sekitar 15% dari omzet.

la menganggap bisnis alat konveksi ini ini masih cukup menarik. Kendati begitu, ia tak menampik jika persaingan bisnis alat konveksi ini semakin ketat, tidak terkecuali untuk dis entra alat konveksi ini. Karena menurut pengakuan Paula, dari hari ke hari, semakin banyak pemain baru yang bergabung di kawasan ini. Tapi, banyaknya pemain baru tersebut bagi Paula merupakan sebuah peluang jangka panjang, karena minat yang besar, menunjukan bahwa bisnis ini memang masih bagus untuk jangka waktu yang cukup panjang.

No comments:

Post a Comment