Wednesday, August 1, 2012

PBRX memasuki Pasar Ritel [Bagian 1]


PBRX memasuki Pasar Ritel - Bertahan selama tiga dekade memproduksi pakaian jadi untuk sejumlah merek internasional, akhirnya garmen raksasa yang bernama PT Pan Brothers Tbk ber emitmen dan siap melebarkan sayap dengan menjajaki bisnis ritel. Alasan perseroan ini berekspansi ke bisnis ritel karena mereka merasa telah menguasai segala sisi dalam hal produk garmen. Dan bisnis ritel ini mereka nilai sebagai sasaran yang sangat prospektif jika masuk ke dalam speciality.

Emiten dengan kode saham PBRX itu, telah melayani produksi pakaian jadi untuk 25 merek pakaian ternama di dunia, seperti Calvin Klein, Jack Nicklaus, Marks & Spencer, dan Quick Silver. Pan Brothers memiliki tiga anak usaha, salah satunya PT Pancaprima Ekabrothers yang memasok heavy garment seperti jaket dan mantel untuk Nike, Adidas, dan Hugo Boss.

Adapula PT Hollit International yang baru diakuisisi tahun lalu. Hollit bergerak di bidang pengembangan produk sesuai perkembangan mode, sekaligus menyiapkan bahan baku yang cocok dengan produk itu. Beberapa klien Hollit adalah Calvin Klein Jeans, Armani Jeans, Tommy Hilfiger, dan Guess Inc. Anak usaha lainnya adalah PT Ocean Asia Industry yang memproduksi aneka jenis kain rajut.

Pan Brothers sedang mempertimbangkan beberapa opsi dalam melakukan ekspansi ke bisnis ritel, salah satunya adalah dengan membangun in house brand atau menjual dengan merek sendiri. Ekspansi ini diharapkan sudah bisa mulai direalisasikan pada tahun depan. Sebagai lini usaha baru, Pan Brothers belum menargetkan muluk-muluk. [pk/ya]


Selanjutnya 

No comments:

Post a Comment