Tuesday, August 7, 2012

Sentra Alat Konveksi di Jakarta Barat [Bagian 2]


Sentra Alat Konveksi di Jakarta Barat - Mencari lokasi parkir mobil di tempat ini memang cukup lumayan susah. Maklum banyak kendaraan lalu lalang di tempat ini. Bahkan kalau ramai, Jalan Krendang Raya hanya muat dilalui dua mobil saja.

Ketika sampai di beberapa kios spesialis penjual alat konveksi ini, terlihat sebuah aktivitas yang cukup intensif dilakukan beberapa karyawan toko. Beberapa sedang melayani pelanggan di dalam toko. Namun ada juga yang membereskan peralatan hingga mengutak atik mesin jahit yang kebanyakan mengusung merek China.

Di sentra ini memang tidak hanya menjual mesin konveksi saja, namun banyak juga yang menerima jasa reparasi mesin jahit. Lina Tjung, pemilik Toko Bintang Jaya yang mulai membuka usaha sejak tahun 1990 mengatakan, sentra alat konveksi jembatan lima ini semakin dikenal karena banyak kawasan konveksi di Jalan Tambora. Warga Tambora memang kebanyakan berprofesi sebagai pengusaha konveksi.

Alhasil, kawasan ini semakin kondang dan banyak orang yang dating. Dan para pelanggan yang dating, ternyata tidak hanya berasal dari Tambora saja. Pelanggan dari daerah lain juga banyak yang mendatangi sentra konveksi ini. Dalam sebulan, kios Bintang Jaya bisa menjual ratusan mesin jahit, baik baru maupun bekas. Harganya juga variatif, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga Rp 4 juta. Tergantung dari jenis mesin jahitnya, apakah yang masih baru ataukah yang sudah bekas.

Toko ini juga menjual mesin obras dan mesin pasang kancing. Omzet salah satu kios di …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment