Wednesday, August 1, 2012

PBRX memasuki Pasar Ritel [Bagian 2]


PBRX memasuki Pasar Ritel - Adapula PT Hollit International yang baru diakuisisi tahun lalu. Hollit bergerak di bidang pengembangan produk sesuai perkembangan mode, sekaligus menyiapkan bahan baku yang cocok dengan produk itu. Beberapa klien Hollit adalah Calvin Klein Jeans, Armani Jeans, Tommy Hilfiger, dan Guess Inc. Anak usaha lainnya adalah PT Ocean Asia Industry yang memproduksi aneka jenis kain rajut.

Pan Brothers sedang mempertimbangkan beberapa opsi dalam melakukan ekspansi ke bisnis ritel, salah satunya adalah dengan membangun in house brand atau menjual dengan merek sendiri. Ekspansi ini diharapkan sudah bisa mulai direalisasikan pada tahun depan. Sebagai lini usaha baru, Pan Brothers belum menargetkan muluk-muluk. Mungkin di tahun kedua dan seterusnya baru memiliki gambaran yang jelas.

Manajemen menjelaskan bisnis garment manufacture masih akan mendominasi kinerja Pan Brothers dalam beberapa tahun mendatang. Iswandeni enggan menyebutkan kontribusi masing masing unit bisnis nya terhadap pendapatan perseroan. Porsi terbesar memang terdapat di sektor garmen. Sektor tekstil saat ini baru masuk jadi belum mendapatkan posrsi yang maksimal.

Demi mengembangkan bisnis ritel, Pan Brothers mengalokasikan dana senilai Rp 35 miliar. Lantaran bisnis ritel ini termasuk lini baru bagi perseroan, maka kendala utamanya adalah persiapan sumber daya manusia. Saat ini Pan Brothers sedang menyiapkan organisasi untuk mendukung hal ter sebut.

Manajemen menyatakan ekspansi bisnis ke sektor ritel tidak akan bersaing dengan merek-merek ternama yang sudah mereka tangani. Pan Brothers akan menyiapkan beberapa segmen, baik kelas atas maupun kelas menengah. [pk/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment