Wednesday, August 1, 2012

Konveksi Pemasok Sentra Pakaian Otista [Bagian 2]


Konveksi Pemasok Sentra Pakaian Otista - Rata-rata harga pakaian yang dijual di kios-kios yang terletak di Jalan Otista, berkisar mulai dengan Rp 15.000 - Rp 100.000 per biji. Dari harga tersebut, keuntungan yang diterima pedagang sekitar 10%-20%.

Bumi Parahiyangan adalah salah satu pusat usaha konveksi berada di daerah Soreang. Disanalah para pedagang biasanya berburu barang dagangan mereka. Tidak hanya di Bandung, kadang mereka juga berburu pakaian hingga ke luar kota, seperti Jakarta.

Untuk memenuhi stok pakaian di tokonya, para pedagang rutin mendatangi Pasar Tanah Abang setiap pekan. Bila tidak akhir pekan, biasanya mereka memilih waktu di awal pekan. Saat berburu pakaian, mereka juga mendatangi langsung Pasar Tanah Abang. Di sana, mereka bebas memilih pakaian yang banyak digemari di tempatnya berjualan. Di Tanah Abang banyak juga pakaian bagus. Kalau dibeli grosir harganya juga jauh lebih murah.

Bila belanja di Pasar Tanah Abang, biasanya mereka langsung membeli dalam jumlah banyak. Jadi, bisa sekalian buat stok di akhir pekan. Maklumlah, setiap akhir pekan, tempat mereka berjualan selalu ramai didatangi pembeli.

Para pedagang sepatu di sentra ini juga mengaku, lebih banyak memesan sepatu dari daerah Cibaduyut, Soreang, dan Tangerang. Namun karena keterbatasan modal, biasanya mereka memesan terlebih dahulu dari para perajin sepatu. Baru setelah terjual, sepatu tersebut dilunasinya. Rata-rata mereka sudah berlangganan dengan beberapa agen penjual sepatu di Cibaduyut.

Selain sepatu, para pedagang  juga menjual dompet dan tas. Barang-barang itu didapatkannya dari sejumlah perajian di Kota Bandung. [pk/ya]

No comments:

Post a Comment