Wednesday, August 1, 2012

Busana muslim buatan Indonesia Laku di Luar Negeri [Bagian 1]


Busana muslim buatan Indonesia Laku di Luar Negeri - Produk sandang made in Indonesia tak kalah hebat jika dibandingkan dengan pakaian bermerek di dunia. Busana muslim Indonesia saat ini sudah merambah dunia International. Mulai dari benua Asia hingga sampai ke Eropa. Namun sangat disayangkan karena hingga saat ini sistem eksportasi dan penjualan produk busana muslim saat ini belum tersusun dengan baik.

Busana muslim memang sangat potensial. Namun komoditas busana muslim bias diibaratkan sebagai bunga yang baru mekar. Tapi sayangnya belum ada sistem yang membangun komoditas tersebut sehingga pemerintah tidak tahu data yang pasti tentang berapa jumlah angka ekspor untuk produk busana muslim ini.

Fakta yang terjadi di lapangan saat ini, semua sistem eksportasi ataupun penjualan busana muslim di dalam negeri belum tercatat dengan baik dan masih sangat tradisional. Sistem usaha busana muslim juga belum berjalan dengan benar. Seharusnya ada pembagian tugas antara pengusaha, desainer, perajin, dan juga penjahitnya. Namun yang terjadi adalah semua bagian ini dikerjakan oleh satu orang saja.  Sehingga sulit untuk dideteksi, bila ekspor masih dilakukan sendiri-sendiri.

Padahal, daya saing produk busana muslim "made in Indonesia" di pasar Asia dan Eropa sudah sangat baik.  Negara pelanggan busana muslim dari Indonesia adalah Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina hingga merambah pasar Eropa yaitu Prancis, Turki, dan negara lainnya.

Ekspor busana muslim ke Malaysia misalkan, para pengusaha membawa dagangannya dengan menggunakan pesawat AirAsia itu beberapa kali dalam seminggu. [pk/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment