Monday, August 13, 2012

Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com [Bagian 8]


Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com - Sampai tahun 2010, Saqina.com masih menggunakan domain open source yang bayarannya hanya Rp 20.000 per bulan. Barulah pada 2011, Saqina.com sudah mulai menggunakan server sendiri. Tahun depan, Rosihan berencana akan menerapkan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di website miliknya.

Selama ini Rosihan realistis melihat fakta bahwa orang Indonesia belum sepenuhnya percaya pada metode pembayaran dengan kartu kredit. Sejak 2008, kebanyakan pembeli di Saqina.com melakukan pembayaran dengan transfer dari ATM dan juga internet banking.
"Cara melacak transaksinya juga sangat mudah, kita kasih harga yang nominal akhirnya ganjil. Dan pembeli harus bayar dengan nominal yang akhirannya ganjil itu, kita suruh agar jangan digenapi," terang Rosihan.

Ia memandang bahwa bisnis di internet punya pasar yang tidak terbatas. Permintaannya juga tak bisa dikendalikan. Pembeli datang dari mana saja, dengan selera yang beragam. Karena itulah, harus pandai-pandai menjaga pasokan barang. Rosihan mengaku, Saqina.com tak hanya berlaku sebagai produsen dan juga pemasok busana muslim, namun juga masih mencari produk dari pusat-pusat grosir dan menjalin kerjasama dengan perusahaan konveksi lainnya.

"Kalau tak seperti ini, persediaan barang kita akan goyang. Sementara pemintaan juga sangat tinggi," ujar ayah dari 4 orang anak ini.

Kini Rosihan telah memutuskan untuk menutup empat buah toko fisik yang dinilai kurang potensial dalam memberikan income pada bisnisnya. Ditambah lagi, …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment