Sunday, August 5, 2012

Pemilukada Pendorong Tumbuhnya Industri Konveksi

Pemilukada Pendorong Tumbuhnya Industri Konveksi - Pemilukada DKI Jakarta 2012 tercatat telah berhasil men dongkrak pertumbuhan industri mikro dan kecil di Ibukota Jakarta, khususnya untuk bidang pakaian jadi atau biasa disebut dengan konveksi. Selain konveksi, pertumbuhan signifikan juga terjadi di bidang percetakan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, industri tekstil mengalami pertumbuhan 32,02%, sementara industri percetakan dan reproduksi meningkat 14,59 %.

“Banyak pemesanan bendera partai, pamflet, dan brosur. Kemudian baju kaos dan kemeja tertentu selama masa pemilukada kemarin. Ini yang meningkatkan pertumbuhan industri tekstil dan percetakan,” kata Kepala Bidang Statistik Produksi, BPS DKI Agus Wahyudi, Rabu (1/8).

Menurut survei yang dilakukan BPS, kata Agus, peningkatan produksi pada kedua sektor industri tersebut terhitung masif. Di beberapa tempat di Jakarta, peningkatan produksi terjadi hingga tiga dan empat kali lipat produksi biasa.

Secara keseluruhan, pertumbuhan industri mikro dan kecil DKI Jakarta pada triwulan II tahun 2012 mengalami kenaikan sebesar 3,6 persen. “Peningkatan hingga satu persen saja itu sudah tinggi. Bisa mencapai 3,6 persen terhitung cukup signifikan. Walaupun sifatnya musiman,” kata Agus.

Namun demikian, penyelenggaraan pemilukada putaran kedua belum bisa dipastikan akan meningkatkan pertumbuhan industri mikro pada triwulan selanjutnya. Sebab, motif dan pergerakan pada pemilukada putaran selanjutnya berlangsung lebih singkat.

Peserta pemilukada pun semakin menyusut. Meskipun begitu, Agus memerkirakan, peningkatan produksi di sektor industri tekstil dan percetakan akan terus meningkat hingga bulan Agustus 2012.

1 comment: