Friday, August 3, 2012

Sarung dan Baju Koko di Palembang [Bagian 2]


Sarung dan Baju Koko di Palembang – Setiap hari sabtu, Beberapa pedagang di Palembang, menggelar dagangannya di pojok pusat perbelanjaan, membuka lapak kaki lima di pasar loak Cinde, dan memasang etalase di emperan toko, bahkan ada yang menggelar barang dagangannya di bagasi mobil pribadi.

Yayan adalah Salah seorang pedagang kain sarung dan baju koko di sini, Yayan mengatakan, pada bulan suci ini permintaan kain dan baju koko cukup tinggi, mengingat banyak perusahaan atau orang-orang mampu yang memberikan bingkisan untuk panti asuhan.

Disamping dari pada itu, terdapat juga sebuah tradisi di tengah tengah masyarakat yaitu berupa memberikan hadiah kepada keluarga berupa paket kain sarung, baju koko dan peci untuk keperluan Shalat Tarawih atau Idul Fitri, kata pedagang yang membuka etalase di emperan toko kawasan Kampus Jl Sumpah Pemuda itu.

Kain sarung dijual dengan harga bervariasi, mulai Rp45.000 hingga Rp80.000 per lembar, sedangkan baju koko dijual dengan harga berkisar Rp60.000 hingga Rp135.000 per buah.

Sedangkan pedagang yang biasa menggelar lapak di pasar loak Cinde Rudi mengatakan, pada Ramadan 1433 Hijriah ini seperti biasanya dia menjual kain sarung, baju koko, dan peci.
Barang dagangan tersebut digelar pada setiap Sabtu dan Minggu saja, mengingat pada hari tersebut pengunjung Pasar Cinde biasanya membludak. Inilah alas an yang digunakan oleh hampir seluruh pedagang di Pasar Cinde.

"Pada hari Sabtu ini saja, penjualan cukup lumayan bisa laku 20 lembar kain sarung, beberapa buah baju koko dan peci," ujar dia lagi.

No comments:

Post a Comment