Thursday, August 2, 2012

Memulai Langkah Sebagai Desainer Busana Muslim Dari Tanah Abang [Bagian 2]


Memulai Langkah Sebagai Desainer Busana Muslim Dari Tanah Abang - Bahan di Tanah Abang rata rata merupakan bahan buatan ari China. Jadi bagi pemula bolehlah untuk belajar cutting dan lain-lain. Bahan disana murah dan variasinya banyak, jadinya bagus buat latihan.

Ada keuntungan, ada pula kerugian yang ditawarkan pasar Tanah Abang. Salah satunya adalah produk dagangan serupa yang ditawarkan oleh para pedangan di pasar Tanah Abang. Apa yang sedang menjadi tren di kalangan artis, maka dijual pula di pasar yang dibangun pada 30 Agustus 1735 itu.

Problemnya di Tanah Abang itu para pedagangnya saling mencontek model, jadi barang-barangnya seragam. Apa yang lagi laku, atau ngeliat di sinetron, dipake artis misalnya, terus semuanya jual barang yang sama. Dengan menempatkan desainer lokal disana, masyarakat jadi memiliki pilihan barang yang unik, dan beda ala desainer lokal, tapi dengan harga yang tetap murah.

Dari segi kualitas barang, pasar Tanah Abang sebenarnya tidak kalah bagus dengan barang fashion yang sering ditemui di mal-mal besar. Lenny juga menambahkan bahwa, banyak baju yang dijual di mal, namun juga bisa ditemui di Tanah Abang. Pastinya baju-baju di pasar Tanah Abang, ditawarkan setengah harga dari baju-baju yang ada dibutik.

Namun tidak bisa dipungkiri, harga juga menentukan kualitas. Lenny mengakui bahwa barang-barang yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 100 Ribuan ke atas, kualitasnya akan lebih baik dibanding dengan barang seharga Rp 75 Ribu ke bawah. [pk/ya]

No comments:

Post a Comment