Wednesday, August 1, 2012

Konveksi Pemasok Sentra Pakaian Otista [Bagian 1]


Konveksi Pemasok Sentra Pakaian Otista - Sentra pakaian dan sepatu di Jalan Otista, Tegallega, Bandung, Jawa Barat memang sudah terkenal. Selain harganya agak miring, sentra ini juga menawarkan banyak pilihan produk kepada calon konsumennya.

Para pedagang mendapatkan pasokan produk tersebut dari berbagai daerah. Selain dari Bandung dan sekitarnya, juga ada yang didatangkan dari Jakarta dan Tangerang. Untuk pasokan yang berasal dari wilayah Bandung dan sekitarnya, kebanyakan didapat dari para pengusaha konveksi skala usaha kecil menengah (UKM).

Para pedagang mendapat pasokan pakaian dari beberapa pengusaha konveksi di Bandung dan sekitarnya. Selain Bandung, kebanyakan pedagang juga memesan barangnya dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

Para pedagang mengaku, sengaja berburu pakaian di banyak tempat agar produk yang dijualnya semakin bervariasi. Saat berburu pakaian, pedagang mendatangi langsung tempat usaha konveksi tersebut. Di daerah Bandung dan sekitarnya kini terdapat banyak rumah produksi pakaian atau juga konveksi yang bagus.

Supaya mendapatkan harga murah, biasanya pedagang membeli secara grosir. Karena masih dari daerah Jawa Barat juga, ongkos kirimnya juga relatif murah, sehingga, bisa dijual lagi dengan harga lebih kompetitif.  Rata-rata harga pakaian yang dijual di kios-kios yang terletak di Jalan Otista, berkisar mulai dengan Rp 15.000 - Rp 100.000 per biji. Dari harga tersebut, keuntungan yang diterima pedagang sekitar 10%-20%.

Bumi Parahiyangan adalah salah satu pusat usaha konveksi berada di daerah Soreang. Disanalah para pedagang biasanya berburu barang dagangan mereka. Tidak hanya di Bandung, kadang mereka juga berburu pakaian hingga ke luar kota, seperti Jakarta. [pk/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment