PBRX memasuki Pasar Ritel - Perseroan ini selama ini mengerjakan pakaian jadi sejumlah merek papan atas. Sebagian besar produk Pan Brothers menyasar pasar ekspor seperti Amerika Serikat, Eropa, Kanada, Jepang, Australia, serta beberapa negara di Asia. Sebagai perusahaan dengan eksposur yang besar terhadap kondisi ekonomi global, Pan Brothers tentu rentan terhadap krisis Eropa saat ini.
Menghadapi situasi itu, Pan Brothers mengatur porsi penjualan, dengan menggenjot pasar Asia. Pan Brothers ter catat baru saja mulai memperbesar porsi Asia. Porsi Asia akan naik terus. Saat ini sudah di atas 10% dengan porsi terbesar berasal dari pasar Jepang.
Kapasitas mesin jahit terpasang Pan Brothers dan anak usahanya di 2012 mencapai 13.250 unit mesin. Pada tahun ini, perseroan tengah menyelesaikan pembangunan dua pabrik pakaian jadi di Boyolali Jawa Tengah. Targetnya, pabrik ini selesai Agustus 2012 dan mulai beroperasi pada akhir 2012. Kehadiran pabrik baru berpotensi menambah produksi hingga 15%.
Produksi terpasang secara konsolidasi pada 2012 akan mencapai 42 juta potong per tahun. Pan Brothers menargetkan penjualan tahun ini tumbuh 30% menjadi US$ 320 juta. Tapi manajemen enggan mengungkapkan target laba bersih tahun ini.
Selain membentuk usaha baru di bisnis ritel, Pan Brothers tak lupa mengembangkan bisnis hulu. Anak usaha PBRX, PT Ocean Asia Industri, mulai beroperasi tahun ini dan memiliki pabrik tekstil untuk mengerjakan bahan kaos. Sektor hulu akan melengkapi dan memperkuat posisi Pan Brothers di persaingan industri garmen. [pk/ya]
No comments:
Post a Comment