Wednesday, August 1, 2012

Di Mataram Pabrik Garmen Mambantu SMK, Di Jateng Ekspor Tekstil Meningkat Tajam [Bagian 1]


Di Mataram Pabrik Garmen Mambantu SMK, Di Jateng Ekspor Tekstil Meningkat Tajam - Sekolah Mataram resmi menambakan muatan lokal Garmen dalam kurikulum SMK Tata Busana di tahun ajaran 2012/2013 ini. Di kejuruan tersebut, sekolah yang terletak di Jalan MT Haryono ini juga mendapatkan dukungan dari perusahaan garmen terkemuka di Indonesia.

Dukungan ini berupa penyerahan donasi 9 unit mesin obras, 20 unit mesin Single Nedle Singer dan satu unit bartack Juki. SMK ini juga menjalin kerjasama dengan PT Apac Inti Corpora dan desainer Anne Avantie, sehingga lulusan SMK Tata Busana Mataram mempunyai kesempatan bekerja di PT Apac Inti Corpora dan perusahaan milik Anne Avantie.

Pendidikan yang baik di bidang tekstil tentu saja akan sangat menguntungkan bagi lini usaha konveksi dan garmen yang memang terus mengalami peningkatan. Cohtohnya saja di Jawa Tengah. Ekspor tekstil dan produk tekstil Jateng terus meningkat tajam dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pada 2008 ekspor tekstil dan produk tekstil tercatat 320 juta dolar AS. Kemudian di 2011 melonjak tajam menjadi 960 juta dolar AS.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Ihwan Sudrajat mengatakan, peningkatan tajam ekspor tekstil dan produk tekstil Jateng tidak lepas dari penyiapan infrastruktur tenaga kerja siap pakai oleh Balai Pengembangan SDM (BPSDM) dan Produk IKM Disperindag Jateng. Sampai dengan Mei 2012, BPSDM sudah menyalurkan 21.000 tenaga kerja.

Hingga akhir 2011, BPSDM telah menyalurkan 17.000 orang tenaga kerja siap pakai, yang sudah … [pk/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment