Wednesday, August 1, 2012

Alat Baru Untuk Industri Konveksi dari UGM [Bagian 1]


Alat Baru Untuk Industri Konveksi dari UGM - Tidak semua orang "berbakat" dalam menyeterika dan melipat baju hingga rapi. Bahkan, sebagian dari kita memang pada dasarnya malas melakukan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian itu. Akibatnya, sering kali kita mengenakan pakaian yang belum rapi terseterika.

Cara paling mudah memang menyerahkan urusan cuci, seterika, dan lipat baju ke jasa laundry. Tetapi jika kita anak kos dengan uang saku pas-pasan, pergi ke laundry untuk mencuci dan merapikan baju tentu akan sangat menguras kocek. Tidak usah gusar, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ini punya solusinys; Pelipat Baju Terapsi.

Nisa Salsabila Shafarudin, Nurida Khasanah, Dimas Reza Rahmana, Fitrah Pawalangi dan Ngurah Nata Baskara, mengubah karton duplek menjadi alat pelipat baju. Hanya tiga kali melipat karton tersebut, pakaian yang sudah kita seterika pun akan segera rapi. Nisa berujar, sedari awal, alat buatan mereka memang ditujukan untuk membantu aktivitas menyetrika dan melipat baju. Dengan alat ini, menyetrika dan melipat baju menjadi lebih cepat, rapi dan hemat energi.

Nisa dan empat kawan di Fakultas Kedokteran itu memiliki ide Pelipat Baju Terapsi sejak awal Januari lalu. Barulah tiga bulan kemudian desainnya rampung dengan menggunakan karton duplek berukuran 60x80 cm. Nisa menjelaskan, karton tersebut dipotong simetris untuk menghasilkan lipatan tiga bagian. Bagian dalam karton dilapisi kertas kesing, sementara bagian luar dilapisi kain furing. [pk/ya]


Selanjutanya

No comments:

Post a Comment