Thursday, September 6, 2012

Semakin Banyaknya Pedagang Pakaian Khusus Pekan Olahraga Nasional di Pekanbaru [Bagian 2]


Semakin Banyaknya Pedagang Pakaian Khusus Pekan Olahraga Nasional di Pekanbaru - Para pedagang, membuka lapak di pinggir-pinggir jalan utama perkotaan dengan memajang beragam harga dan jenis pakaian khusus PON itu. Anwar menjelaskan, kualitas pakaian yang dipajangnya beragam sehingga harganya pun bervariasi. Ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tergantung bahan dasar dan modelnya juga.

Selain Anwar, di Jalan Harapan Raya juga banyak para pedagang pengecer pakaian khusus PON Riau lainnya yang membuka lapak sederhana. Pemandangan serupa juga terjadi di sepanjang Jalan HR Subrantas. Puluhan pedagang pakaian khusus perhelatan olahraga nasional itu tampak berjejer di pinggir jalan dengan lapak-lapak sederhana.

Kebanyakan pakaian yang dipajang para pedagang itu merupakan kaos berkerah yang bergambar lambang PON XVIII/2012 serta maskot event itu. Lambang PON yang dimaksud, yakni gambar sebuah layar dan gelombang yang melambangkan lambang daerah yakni Lancang Kuning.

Lancang kuning itu mempunyai makna yang beragam, salah satunya yakni daerah Riau dialiri oleh empat sungai besar mulai Sungai Kampar, Sungai Rokan, Sungai Indragiri dan Sungai Siak. Keempat sungai tersebut merupakan sumber kehidupan yang merupakan kebesaran rakyat Riau. Lambang itu juga memiliki makna, bahwa lancang memberikan simbol bahwa kehidupan penuh dengan semangat yang berpacu menuju prestasi.

Sementara untuk gelombang laut melambangkan kedinamisan masyarakat Riau bergerak terus menerus tanpa berhenti menghantarkan kemajuan negeri. Sementara untuk maskot PON kali ini adalah Bujang Serindit, sosok bujang atau anak muda berfisik burung serindit yang tengah memegang obor PON Riau.

No comments:

Post a Comment