Monday, September 10, 2012

Potensi Usaha Kerajinan Tenun di Sumatera Barat [Bagian 2]


Potensi Usaha Kerajinan Tenun di Sumatera Barat - Seperti selera konsumen, jaringan pasar yang cenderung cepat berubah, motif tenun, pengolahan warna yang masih rendah soal kratifitasnya serta kesinambungan produksi yang kurang terpelihara.

Namun untuk ke depan nya dia merasa sangat optimistis Sumatra Barat bisa menghadapi tantangan tersebut. Lebih lanjut Nevi menyampaikan, ada beberapa rekomendasi yang semestinya diperhatikan dan diteliti dengan seksama. Baik itu perhatian dari pembina maupun perhatian yang berasal dari perajin tenun itu sendiri. Di antaranya untuk pembina mestinya melakukan pembinaan secara terfokus pada produk unggulan, terutama peningkatan kompetensi petenun sehingga kualitas tenun terjaga dengan baik. Kemudian melakukan pelatihan desain secara berkala, terutama keterampilan mengolah motif dan juga tata warna. Pembina juga dia harapkan bisa memberikan fasilitas peluang terhadap perajin agar mendapatkan order dari berbagai pihak, karena hal tersebut juga dapat memicu semangat penenun untuk terus melakukan produksi kerajinannya dengan kualitas yang ditingkatkan secara lebih baik lagi.

Nevi juga berpesan agar para perajin selalu mengikuti perkembangan zaman, terutama selera pasar. Jangan terlalu bertahan dengan pola lama yang konvensional. Selalu lakukan promosi promosi secara teratur dan sebisa mungkin untuk melakukan bekerja sama dalam berusaha, seperti membentuk kelompok usaha, koperasi dan lain sebagai nya. Jika pengarajin kekurangan modal, jangan hanya mengeluh tanpa berusaha, carilah bapak angkat. Yang penting terus berusaha, jangan sampai patah semangat. Tutup Nevi mengakhiri pembukaannya.

No comments:

Post a Comment