Wednesday, July 25, 2012

Proses Afdruk Screen Sablon [Bagian 4]


Proses Afdruk Screen Sablon - Akhirnya sampailah kita pada bagian akhir artikel yang menyoal proses afdruk screen sablon. Dan langkah selanjutnya dalam melakukan afdruk screen untuk sablon adalah sebagai berikut :

14. Setelah gambar jelas terlihat, itu berarti kalium dan juga sensitizer sudah sempurna terangkat. Siapkan penyemprot air, seperti yang biasa digunakan pecinta bonsai dan juga para penata rambut. Semprotkan secara merata.

15. Setelah gambar terlihat terlepas dari screen, lalu bersihkan dengan menggunakan air di bagian dalam atau luar screen. Setelah itu barulah kita keringkan dengan menggunakan hair drier ataupun mengeringkan di bawah sinar matahari. Lama proses ini sangat variatif. Pastikan screen kering dengan sempurna.

16. Setelah screen benar-benar kering, ambillah harter atau hardiner, lalu oleskan secara merata pada bagian dalam dan luar screen. Kemudian keringkan kembali. Barulah screen sablon siap untuk digunakan.
Proses pengafdrukan memerlukan keahlian khusus dan juga ketelitian, karena film di atas screen yang buruk, akan menyebabkan menurunnya kualitas sablon. Namun, hal ini juga seperti suatu hal yang wajib dikuasai oleh pengrajin sablon. Pembuatan film dalam screen siap jadi, akan mempermudah seseorang dalam melakukan sablon, namun biaya yang dibutuhkan akan lebih tinggi beberapa kali lipat bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri.

Selain membuatnya sendiri, seorang pengusaha sablon dapat menggunakan pegawai khusus untuk melakukan tugas tersebut. Namun, hal ini akan berakibat pada keterikatan pengusaha tersebut terhadap keberadaan pegawainya. Penting juga, bagi para pengusaha pakaian baik itu label ataupun konveksi untuk setidaknya mengetahui langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pengafdrukan. Dan dapat membedakan hasil pengafdrukan yang baik dan juga yang buruk. [pk/ya]

No comments:

Post a Comment