Friday, July 20, 2012

Mengenal Gaya berbusana Kawaii Harajuku style


Mengenal Gaya berbusana Kawaii Harajuku Style. Negara Jepang selain dikenal karena kecanggihan teknologinya, negeri matahari terbit ini juga menjadi salah satu patokan dari tren fashion dunia. Seperti layaknya di Paris, sebagian warga Jepang sangat peduli akan penampilan mereka, khususnya gaya berbusana. Salah satu trend fashion yang terkenal dari Jepang banyak dikenal dengan istilah Harajuku Style fashion. Penamaan tersebut didasarkan pada kultur masyarakat Jepang, di mana berpusat di sebuah tempat yang dikenal sebagai ajang berkumpul para muda mudi jepang yang terletak di distrik Shibuya, Tokyo di dekat stasiun JR harajuku. Harajuku style sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis di mana masing-masing memiliki karakteristik gaya berbusana tertentu yang dapat dengan mudah dikenali. Kali ini kita akan membahas gaya berbusana masyarakat jepang, khususnya para gadis remaja yang dikenal dengan sebutan Kawaii harajuku style.






Kawaii sendiri adalah bahasa Jepang yang berarti lucu, imut atau cantik. Jadi Kawaii Harajuku Style dapat diartikan sebagai gaya berbusana harajuku dengan karakter busana yang membuat si pemakainya terlihat imut dan cenderung kekanak-kanakan. Karakter warna yang cerah yang kebanyakan identik dengan penggunaan dress ala French Maid(baju pelayan di era abad 19) ataupun dress dengan warna-warna pastel yang ceria dengan menggunakan aksen pita atau jepitan rambut dengan bentuk unik pada rambut. Terkadang dipadukan dengan kaos kaki panjang atau stocking panjang dengan aksen jaring. Terkadang ada juga beberapa yang sengaja membawa boneka kesayangannya, atau memakai aksesoris tas bulu yang berbentuk boneka atau karakter anime yang lucu untuk lebih memperkuat image kawaii yang ingin ditonjolkan. Jepang yang juga dikenal dengan film animasi yang biasa disebut anime sedikit banyak memiliki pengaruh pada budaya berbusana masyarakatnya, terutama di kalangan remaja. Banyak pula yang mengidolakan karakter yang terdapat pada sebuah anime hingga meniru gaya berbusana tokoh anime tersebut. Beberapa orang yang gemar berbusana ala kawaii harajuku style pun ada yang bereksplorasi dengan berpakaian ala karakter anime yang tentunya memiliki ciri khas yang sama dengan deskripsi kawaii yang telah dibahas.

Di Indonesia sendiri sebenarnya tren berbusana ala harajuku style bukan sesuatu yang asing lagi. Terdapat beberapa komunitas pecinta budaya Jepang yang biasanya memiliki kesamaan hobi yang berhubungan dengan Jepang, bisa dari kesukaan terhadap musik, anime atau mungkin dari segi budaya. Biasanya orang-orang semacam ini menyalurkan hobinya dalam berbusana ala harajuku  ketika menghadiri event-event musik Jepang lokal dan beberapa diantaranya berani berekspresi dengan mendesain kostum sendiri yang identik dengan karakter anime tertentu yang disebut dengan Cosplay(costume Player) di mana biasanya diselenggarakan juga kompetisi cosplay dengan beberapa kategori tertentu. 

No comments:

Post a Comment