Tuesday, July 24, 2012

Desain kaos dengan Tema 8 Bit Style


Desain kaos dengan Tema 8 Bit Style. Bagi anda yang lahir di era 80-an mungkin pernah melewati masa kanak-kanak dengan memainkan game vintage seperti gameboy, nintendo ataupun atari. Ketika itu industri game memang belum secanggih seperti sekarang ini. Teknologi yang berkaitan dengan resolusi gambar masih terbilang sangat minim sehingga pada waktu itu beberapa console game masih mengadaptasi resolusi grafis bertipe 8 bit semisal nintendo/super famicom di mana tekstur grafis dari sebuah game masih terlihat kasar dan cenderung terlihat kaku di mana image yang dihasilkan terlihat seperti satuan dari beberapa balok yang tersusun dengan kombinasi warna tertentu sehingga menghasilkan sebuah image.

Setelah era 8 bit, beberapa console game yang menghasilkan image yang lebih halus yang dikenal dengan era 16 bit console game seperti sega mega drive dan supernintendo pun mulai dikenal luas di pasaran. Seiring perkembangannya, muncul teknologi baru dengan sistem 32 bit dan 64 bit di mana teknologi visual sangat terlihat mulus seperti beberapa console game yang kita kenal sekarang semisal playstation dan x-box. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai teknologi visual dalam sebuah game. Saya akan coba menyoroti mengenai trend dalam desain busana, khususnya desain gambar kaos yang mengadaptasi pola pembuatan sebuah gambar dengan karakteristik 8 bit.








Beberapa contoh  T-shirt di atas adalah contoh mengenai aplikasi gaya desain yang diadaptasi dari karakteristik visual di era video game dengan resolusi gambar 8 bit. Beberapa clothing line luar terkadang menggunakan variasi desain dengan tema 8bit style untuk memunculkan karakteristik vintage dengan menggunakan icon berupa karakter-karakter game yang terkenal di era 8 bit untuk memunculkan kesan memorial yang mengingatkan kita akan kepopuleran beberapa judul video game terkenal pada masanya. Namun ada juga beberapa produsen busana yang sengaja berkreasi dengan desain gambar hasil kreasi sendiri dan hanya mengadaptasi pola pembentukan gambar tersebut dengan karakter 8bit. Tentunya hal ini menjadi sebuah daya tarik baru dari sebuah kaos yang menampilkan desain bergaya 8 bit ini. Selain terkesan retro(jadul), Tidak jarang pula konsumen(pengguna kaos bertema 8bit) merasa bahwa kaos dengan tema semacam itu secara tidak langsung mengingatkan mereka akan kenangan masa kecil ketika video game di era itu menjadi teman penghibur ketika menikmati masa kanak-kanak.  Desain gambar kaos dengan tema 8 bit ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda, khususnya produsen busana kaos untuk menampilkan tema baru yang fresh dan masih jarang ada di pasaran sehingga desain gambar pada produk kaos anda memiliki kekhasan tersendiri yang mudah-mudahan dapat diminati oleh konsumen.

No comments:

Post a Comment