Wednesday, July 25, 2012

Proses Afdruk Screen Sablon [Bagian 1]

Proses Afdruk Screen Sablon - Dalam dunia sablon kita mengenal proses afdruk screen. Proses yang sangat penting untuk membuat film dalam proses pembuatan sablon. Proses afdruk merupakan sebuah langkah yang tidak mungkin dilewatkan. Selain itu, proses afdruk juga merupakan sebuah proses yang menjadi nyawa apakah hasil sablonan nanti akan bagus atau jelek.

Proses afdruk biasanya menggunakan sinar lampu. Namun, selain menggunakan sinar lampu, proses afdruk juga dapat dilakukan dengan menggunakan sinar matahari. Proses afdruk dengan menggunakan sinar matahari sangat jarang dilakukan karena agak ribet untuk dilakukan. Namun, proses afdruk ini mungkin akan berguna untuk saat saat darurat.

Untuk kali ini kita akan membahas proses afdruk screen sablon regular yang menggunakan lampu. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam proses afdruk screen sablon dengan menggunakan sinar lampu :

1. Siapkanlah sebuah screen yang kosong. Namun terlebih dahulu kita harus memastikan monil screen dalam keadaan kering. Selain itu, kayu atau bingkai screen haruslah kering juga. Jangan lupa untuk membersihkan screen terlebih dahulu dari debu, kotoran dan juga minyak.

2. Siapkan obat afdruk secukupnya. Tuangkan ke dalam suatu wadah, bisa dalam bentuk apapun, baik itu wadah khusus ataupun toples bekas. Lalu campurkan obat afdruk dengan sensitizer atau kalium dengan perbandingan 90 – 10. 90 untuk obat sablon dan 10 untuk kalium. Kalium atau sensitizer adalah sebuah campuran obat afdruk yang berguna untuk memperjelas gambar. Semprotkan kembali bahan ini pada serat kain monil yang setelah di afdruk untuk menguatkan ikatan obat afdruk yang tersisa dengan screen. Kalium atau sensitizer selalu dijual satu set bersama dengan obat afdruk. [pk/ya]


No comments:

Post a Comment