Friday, July 13, 2012

Memulai Sebuah Usaha - Pendahuluan

Author : Yusuf Abdac

Memulai Sebuah Usaha - Seringkali saya mendapatkan teman-teman saya mengungkapkan keinginan mereka untuk usaha. Kalimat “Saya ingin memiliki sebuah usaha sendiri”, sudah sering saya dengar. Saking bosannya, terkadang saya ingin membuka telinga saya sebentar agar kata-kata itu tidak terdengar lagi oleh saya. Bila teman-teman saya sudah selesai “ba bi bu”, baru saya pasang kembali telinga saya. Ugh... Seandainya itu memang memungkinkan.

Keinginan untuk usaha wajar dimiliki oleh banyak orang. Bahkan mungkin, setiap orang ingin memiliki usahanya sendiri. Namun, memiliki sebuah wirausaha bukanlah perkara mudah. Terutama, di saat-saat dimana langkah kita baru setengah menapaki dunia usaha. Keraguan, ketakutan dan juga rasa bingung akan menghantui diri kita hingga akhirnya keinginan tersebut hanya sebatas angan yang tidak terwujud.

Salah satu teman saya yang merupakan kontributor sekaligus pemilik dari blog ini mengungkapkan, bahwa memulai sebuah usaha tidak semudah mengatakan “Saya ingin”. Banyak sekali orang, yang mengurungkan niatnya menjadi seorang wirausahawan bahkan sebelum dia merasakan pahit getirnya sebuah usaha.

Sehingga, saya menyimpulkan, bahwa tantangan dalam menjalani sebuah usaha, akan berdatangan bahkan sedetik setelah kita mengatakan “Saya ingin”.  Dibutuhkan banyak hal untuk memulai sebuah usaha. Utamanya tentu saja mentalitas, ketahanan dan juga kesabaran. Dalam tulisan saya ini, saya ingin memberikan anda sebuah tips singkat bagaimana cara kita memulai sebuah usaha.

Tujuannya bukan hingga usaha tersebut maju, namun hingga usaha tersebut benar-benar berjalan. Dan tidak mentok di dalam “Saya ingin” saja. [pk/ya]


klik di sini Tips sederhana dalam memulai usaha


klik di sini Cara memulai usaha tanpa modal

No comments:

Post a Comment