Friday, July 13, 2012

Memulai Sebuah Usaha - Tanpa Modal - Memanfaatkan Sekitar Kita

Author : Yusuf Abdac


2. Memanfaatkan Sekitar Kita

Memulai Sebuah Usaha - Pernahkah anda melihat sekitar anda? Apa yang sudah anda miliki? Banyak hal. Saya tahu semua orang kini sudah memiliki banyak hal. Namun terkadang mereka tidak menyadari apa yang sudah dimiliki dan lebih suka melihat apa yang belum mereka miliki.

Keberanian untuk memulai sebuah usaha hanya dengan berbekal uang saku menjadi percuma bila kita tidak dapat menghemat pengeluaran kita. Hematlah pengeluaran kita dengan cara memanfaatkan banyak hal yang sudah kita miliki dengan cara lebih pintar dalam melihat sekitar kita.

Tidak jarang yang kita miliki tersebut ternyata dapat kita manfaatkan menjadi bekal bagi kita dalam menjalankan bisnis. Saya melihat kasus semacam ini tidak sekali atau dua kali. Seringkali teman-teman saya yang hendak berbisnis mengeluhkan berbagai perlengkapan yang belum mereka miliki padahal sebenarnya mereka sudah memilikinya, hanya saja belum sesuai dengan standar yang mereka terapkan.

Standar yang terlalu tinggi terhadap keperluan bisnis anda akan merepotkan anda sendiri. Misalkan, jika anda ingin membuka bisnis kurir dan memiliki sebuah mobil kol bak tua yang tidak berjalan karena diperlukan perbaikan besar besaran pada mobil tersebut. Jangan pernah berpikir untuk membeli mobil lagi. Perhitungkan terlebih dahulu, opsi mana yang paling murah, memperbaiki mobil yang ada, atau membeli mobil yang baru.

Atau jika anda seorang karyawan yang ingin berbisnis online namun tidak memiliki koneksi internet di rumah. Jangan berpikir untuk memasang koneksi di rumah, karena sesungguhnya anda sudah memilikinya di kantor anda. Perpanjang sedikit waktu kerja anda  dan manfaatkanlah media internet kantor untuk bisnis anda. [pk/ya]


No comments:

Post a Comment