Friday, July 13, 2012

Memulai Sebuah Usaha - Tanpa Modal - Hindari Istilah Modal

Author : Yusuf Abdac

Memulai Sebuah Usaha - Ketiadaan modal banyak dijadikan seseorang sebagai alasan kuat untuk mengurungkan niatnya dalam memulai sebuah usaha. Padahal, sebuah usaha dapat dimulai tanpa kita mengeluarkan modal sepeserpun. Mengapa saya mengatakan tanpa mengeluarkan modal seperpun, karena saya juga melakukannya. Seperti saat saya memulai usaha saya dengan membuat sebuah blog pribadi.

Berikut ini adalah tips memulai sebuah usaha tanpa modal, yang saya himpun berdasarkan pengalaman saya pribadi.

1. Hindari Istilah Modal

Dalam sebuah usaha, uang memang benar-benar dibutuhkan. Besar atau kecil, uang harus keluar. Namun, bila kita katakan uang yang dikeluarkan itu dengan istilah modal, maka yang kita tangkap adalah uang dalam jumlah besar. Padahal, tidak semua usaha harus dimulai dengan uang yang sangat besar. Seperti saya, saat saya memulai usaha sebagai seorang penulis lepas, modal yang saya butuhkan saat itu hanyalah sebuah buku dengan harga Rp.4.000,00 dan sebuah pulpen dengan harga Rp.1.500,00. Bayangkan, dengan hanya menyisihkan uang Rp.5.500,00 dalam jangka waktu beberapa bulan, saya kini memiliki penghasilan bersih lebih dari Rp.2juta setiap bulannya. Sepadankah?

Sepadan dong... Karena tidak semua orang berani memulai usaha hanya dengan selembar uang Rp.10ribu, kembalian pulak!

Usahakan sebisa mungkin, anda hapus istilah modal dalam kamus anda, bila itu berarti jumlah uang besar yang diluar kemampuan anda. Saya lebih suka mengganti istilah modal, dengan istilah yang lebih sederhana. “Jajan”. Ya, saya mengganti istilah untuk pengeluaran yang harus saya lakukan demi memulai usaha saya dengan istilah “Jajan”. Jadi, saya tidak pernah mengeluarkan uang di luar kemampuan saya, karena itu setara dengan ongkos jajan saya. Lagipula, jajan untuk usaha adalah jajan yang bermanfaat untuk kita di masa yang akan datang. [pk/ya]

No comments:

Post a Comment