Tuesday, June 26, 2012

Ketertarikan China Pada Industri Konveksi di Indonesia


China

Ketertarikan China Pada Industri Konveksi di Indonesia Para pelaku usaha dan investor dari China yang disertai oleh China Chamber of Commerce for Import and Export of Textiles (CCCT) akan melakukan kunjungan ke pabrik pabrik pakaian jadi di daerah Solo dan Boyolali. Mereka ingin melihat secara dekat kemungkinan adanya  potensi industri pakaian jadi di daerah tersebut. Hal ini adalah salah satu bentuk perhatian mereka terhadap produksi pakaian jadi di Indonesia.

Dengan adanya proses survey tersebut diharapkan nantinya para investor dari China bersedia untuk lebih memilih menanamkan investasi mereka di bidang industri pakaian jadi daripada di bidang insdustri tekstil.

Keberadaan mereka di industri tekstil Indonesia dikhawatirkan akan mengancam keberadaan para pengusaha lokal di nusantara. Namun mereka meyakinkan para pengusaha lokal untuk tidak mengkhawatirkan hal tersebut karena hal ini tidak akan terjadi. Mereka menekankan bahwa investasi yang ini adalah bentuk perhatian yang diberikan oleh pemerintahan kedua negara.

CCCT juga menegaskan bahwa dugaan bahwa kerjasama ini merupakan sebuah ancaman merupakan sebuah dugaan tanpa dasar. Karena sesungguhnya bentuk kerja sama ini akan mengntungkan bagi kedua negara. CCCT juga mengundang para pengusaha pakaian jadi dan tekstil di Indonesia untuk mau bekerjasama dengan para pengusaha bidang yang sama dari China.

Kunjungan ini merupaka sebuah tindak lanjut dari Memorandum of Understanding on Trade Cooperation in Textile and Clothing yang ditandatangani oleh Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan CCCT pada tanggal 29 April lalu di Jakarta.

No comments:

Post a Comment